Buscar

Manipulasi Puzzle dengan Photoshop

Setelah membuat permainan puzzle dari foto di postingan yang lalu, kali ini saya akan berbagi trik membuat bentuk puzzle lain yang unik. Hasilnya seperti ini :
Langsung aja yuu..
Ada 2 Langkah besar yang harus kita lakukan. Pertama Memasukan dan menerapkan efek Puzzle ke dalam foto. Yang kedua memotong bagian Puzzle.
Memasukan dan menerapkan Efek Puzzle ke dalam Foto
1. Buka program photoshop, lalu buka file Puzzle.psd, bagi yang belum memilikinya silakan download disini.
2. Masukan gambar tsb menjadi sebuah pattern. Caranya klik menu select -> all atau tekan Ctrl+A.
3. Klik menu edit -> define pattern.
4. Langsung saja klik Ok pada kotak dialog tsb.
5. Selanjutnya kita buka file Foto yang akan kita buat Puzzle.
6. Setelah itu, buat layer baru, klik menu Layer -> New -> Layers atau tekan Ctrl+Shift+N.
7. Beri warna putih pada layer baru, klik Edit -> Fill pada kolom use pilih white atau tekan Alt+Backspace (dgn catatan foreground colornya berwarna putih).
8. Selanjutnya klik Layer -> Style Layer -> Pattern Overlay atau klik add a layer style pada panel layer , lalu pilih Pattern Overlay.
9. Klik tombol drop down, lalu pilih pattern Puzzle yang telah di buat tadi, masukan besar scale 100% lalu OK
10. Gunakan nilai Fiil Layer menjadi 0%. Fill layer akan tidak terlihat, sehingga yang terlihat hanya pattern puzzlenya saja.
11. Selanjutnya klik kanan pada layer, lalu pilih Convert to Smart Object.
12. Klik Add a Layer Style pada panel layer, lalu pilih Bavel and Emboss.
13. Setelah itu, setting Bavel and Emboss seperti gambar di bawah ini :
14. Lalu OK.

Memotong Bagian Puzzle
1. Ganti Fill Layer menjadi 50%.
2. Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi bidang gambar.
3. Kemudian klik menu Edit -> Copy Merged atau tekan Ctrl+Shift+C. Perintah ini berfungsi untuk mencopy seluruh bidang yang aktif pada seluruh layer.
4. Disini anda harus membuat tekstur kayu sendiri dengan mengunakan  Rectangular Marquee Tool (M), memberi warna dan sedikit Bevel and Emboss serta Pattern Overlay. Atau langsung mendownload tekstur kayu disini.
 5. Pilih lembar tekstur kayu atau gambar yang anda download tadi, pada lembar kayu tsb klik menu Edit -> Paste atau Ctrl+v (karena anda telah melakukan langkah 2 dan 3).
6. Dengan Pen Tool, kita buat bentuk path untuk menyeleksi bagian puzzle yang akan kita potong. Saya anggap anda telah menguasai teknik Pen Tool atau alat seleksi lainnya.
7. Tekan Ctrl+x untuk men-Cut gambar, lalu tekan Ctrl+v untuk mempaste, secara otomatis akan menampilkan sebuah layer baru yang isinya potongan Puzzle yang kita seleksi tadi.
8. Atur potongan Puzzle dan rotasi sedikit kekanan.
9. Selanjutnya anda buat kembali potongan-potongan seperti diatas dengan cara yang sama sesuai dengan selera anda dan atur letaknya sehingga terlihat menarik.
10. Setelah selesai, agar terlihat lebih realistis tambahkan layer Style Drop Shadow, klik Add a Layer Style pada Pabel Layer, lalu pilih Drop Shadow
11. Setting Drop Shadow sesuai dengan gambar dibawah.
12. Copy Layer Style yang dibuat tadi, klik kanan pada Layer yang ditambah dengan drop shadow tadi pilih copy Layer Style, kemudian Paste ke seluruh Layer agar mendpat efek yang sama.
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar