Buscar

Pelatihan KPKU di PT ASABRI (Persero)

PT ASABRI (Persero) sebagai salah satu BUMN melaksanakan pelatihan KPKU BUMN (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul BUMN) yang merupakan program kementerian BUMN dalam rangka membangun kinerja unggul sebagai tuntutan utama bagi suatu perusahaan dalam pencapaian kinerja pada tingkat nasional maupun regional sebelum menjadi world class company.
Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 9-10 Oktober 2013 di Ruang Rapat Lantai 3 dan diikuti oleh jajaran Direksi, para Kepala Divisi, para Wakil Kepala Divisi ,  beserta jajaran Kepala Bidang di bawah langsung Kepala Divisi.  
Kriteria Penilaian Kinerja Unggul adalah suatu sistem penilaian yang dibangun oleh Kementerian BUMN sebagai panduan untuk membangun, menata, dan memberdayakan kesisteman dan sumber daya perusahaan untuk mencapai kinerja unggul. Kriteria dalam KPKU diadopsi dan diadaptasi dari Kriteria Keunggulan Kinerja Malcom Baldridge Criteria for Performance Excellent  yang memiliki 11 nilai dan konsep inti (core value and concepts). Kesebelas nilai inti dan konsep yang mendasari KPKU BUMN adalah sebagai berikut :
1. Kepemimpinan
2. Keunggulan yang didorong oleh pelanggan
3. Pembelajaran Organisasi dan Individu
4. Kesejahteraan Tenaga Kerja
5. Kecekatan
6. Fokus pada Masa depan.
7. Manajemen Inovasi.
8. Manajemen berdasarkan Fakta.
9. Tanggung Jawab Kemasyarakatan.
10. Fokus pada Hasil dan Penciptaan Nilai.
11. Perpektif Kesisteman.
KPKU dijadikan pedoman untuk mengidentifikasi indikator-indikator yang akan digunakan untuk dijadikan Key Performance Indicators (KPI) dan dijadikan dasar penilaian kinerja perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu KPKU juga bertujuan meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus meningkatkan profitabilitas perusahaan, meningkatkan nilai kesehatan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan karyawan dan para stake holder.
Pada pelatihan ini, dijelaskan secara mendetail mengenai evident-evident dari setiap divisi untuk acuan dasar implementasi program-program pengembangan dan penerapan sistem manajemen yang bermutu dan tersusun dalam key performance indicator.
Pada sambutan penutup, Direktur Utama PT ASABRI (Persero), Mayjen TNI (Pur) Adam R Damiri, yang diwakili oleh Kadiv Tuhkum  berpesan bahwa Pelatihan KPKU ini bertujuan agar para pegawai mampu mengindentifikasi KPI, sebagai panduan untuk menentukan KPI yang telah terpilih, menyelaraskan kinerja  kalangan dewan komisaris, jajaran direksi, jajaran kadiv, serta seluruh pegawai asabri, dan dijadikan pedoman dalam menuangkan KPI dalam pencapaian target perusahaan.
Dengan demikian, setelah mengikuti pelatihan KPKU ini diharapkan PT ASABRI (Persero) dapat tumbuh menjadi perusahaan yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang kuat baik secara regional maupun global dikalangan BUMN sebagai mana yang tertuang dalam visi dan misi PT ASABRI (Persero).

0 comments:

Posting Komentar