Buscar

Kenali Jantung Anda

Apakah Jantung?
Jantung adalah alat tubuh yang berfungsi sebagai pompa darah yang memompakan darah ke seluruh tubuh selama hidup.
Dimanakah letak jantung?
Di dalam rongga dada pada bagian kiri agak ke tengah, tepatnya di atas sekat diafragma yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut. Disebelah kanan dan kiri jantung terdapat kedua paru-paru.

Berapa besar ukuran jantung normal?
Sedikit lebih besar daripada kepalan tangan.
Bagaimana struktur jantung?
Terdiri dari 4 ruang, yaitu 2 serambi (kanan & kiri) dan 2 bilik (kanan & kiri). Diantara serambi dan bilik terdapat septum yang merupakan dinding otot, masing-masing ruangan dihubungkan oleh katup, yang mengatur aliran darah dari dan menuju jantung, paru-paru dan seluruh tubuh.
Terdiri dari apakah jantung?
Jantung terdiri dari otot (disebut miokard) yang mendapat aliran darah dari pembuluh darah yang ada di permukaan jantung (disebut arteri koroner).
Bagaimana jantung bekerja?
Dengan ototnya yang kuat, jantung berfungsi sebagai pompa yang memompakan darah secara terus-terus-menerus melalui sistem sirkulasi/peredaran darah. Setiap hari jantung anda berdenyut  ±100.000x dan memompakan ±2000 galon darah (38.000 liter). Darah yang beredar akan membawa zat makanan dan oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh, termasuk otot jantung sendiri. Darah balik akan membawa produk sisa metabolisme dalam jaringan dan akan dikeluarkan dari tubuh setelah mengalami proses penyaringan pada ginjal, hati, dan paru-paru.
Darimana jantung memenuhi kebutuhannya untuk bekerja?
Jantung memerlukan oksigen dan zat-zat makanan seperti juga otot-otot lain dalam tubuh. Oleh karena itu jantung mempunyai perangkat arteri yang memasok darah, oksigen, dan zat makanan bagi otot jantung (disebut arteri koroner, yang merupakan cabang dari pembuluh nadi besar (disebut aorta) yang keluar dari jantung. Arteri koroner kanan memasok area jantung bawah dan belakang. Arteri koroner kiri bercabang dua dan memasok darah ke area puncak jantung, depan, kiri dan sebagian area belakang jantung.

0 comments:

Posting Komentar