Buscar

Bbm dari aa

  • Bila disikapi dengan pikiran yg jernih dan hati yang bersih kejadian sepahit apapun akan nampak keberkahan dan keindahan hikmahnya.
  • Bila disikapi emosional, penuh prasangka dan diperdaya perasaan, maka keindahan takdirNya tak akan nampak, yang ada adalah sibuk menambah dan memperumit masalah.
  • Jangan sibuk melihat, membaca, mendengarkan apapun yang bisa mengotori hati dan tak menyelesaikan masalah bahkan bisa menambah masalah.
  • Betapa agung ampunannya bagi orang yang benar-benar bertobat. Maka jangan biarkan ada kemusyrikan di hati sehalus apapun. Niscaya semua dosa akan diampuni.Benar-benar diampuni sebanyak dan sebusuk apapun.
  • Menuntut berubah : Kita sering amat berharap dan menuntut orang lain berubah, namun apakah kita lebih sungguh-sungguh menuntut diri sendiri berubah?Kita sering berpikir dan berupaya keras untuk merubah orang lain, namun apakah kita sudah lebih habis-habisan berupaya merubah diri?Kita sering kecewa dan jengkel melihat hal yg kurang berubah, namun pernahkah kita amat kecewa dan sedih melihat diri tak kunjung berubah?Ketahuilah kita tak akan kuasa merubah hati orang lain, karena setiap hati ada dalam genggamanNya, hanya DIA yang kuasa membolak-balikan hati manusia.
  • Agar hati tak jengkel dan larut dalam kemarahan kepada seseorang, Yang melakukan kesalahan (versi kita) segera ingat jasa-jasa, kebaikan-kebaikannya sebanyak-banyaknya, terutama hal-hal yang membuat diri kita bisa berubah jadi lebih baik. Dan ingatlah di sisi Allah setiap kebaikan dilipatgandakan 10x lipat ganjarannya, sedangkan kesalahannya hanya dicatat satu dan mudah bagiNya untuk mengampuninya dalam sekejap. Jangan-jangan kita memarahi orang yang disukai Allah dan yang sudah diampuni kesalahannya.
  • Bila hati tak tenang : Silakan periksa apa/siapa yang mendominasi hati ini? Manusia atau benda, atau keinginan atau apapun yang menguasai hati pasti akan menyisihkan DIA yang berhak di hati kita Tak ada ketentraman bathin selain dariNya. “Ingatlah hanya mengingat Allah-lah hati akan menjadi tentram ” (Qs. Ar Ra ’du :28) Segera kembalikan segala urusan kepadaNya, mohonlah perlindunganNya, berharaplah pertolonganNya, bersimpuhlah menghiba hanya kepadaNya, Pasrahkan lahir bathin kepada pengurusanNya. Inshaallah selain hati akan disirami ketentraman, kita pun akan dibimbingNya, untuk menyempurnakan ikhtiar menjemput solusi terbaik dariNya.
  • Setiap cobaan yang menimpa pasti sudah diukur oleh Allah dengan adil dan pasti untuk kebaikan kita, bukan untuk menghancurkan, setiap Allah berikan persoalan pasti Diapun sudah siapkan jalan keluarnya bagi yang sungguh-sungguh memohon dan mendekatiNya.
  • Banyak berharap dari makhluk hanya akan menambah kesedihan, kegelisahan, kekecewaan dan kemarahan. Padahal total semua karunia hanya milik Allah semata, hanya datang dan terjadi dengan ijinNya semata.
  • Ketika hati berharap dari makhluk, maka bersiaplah untuk mendapatkan kekecewaan. Ketika hati hanya berharap dari Allah semata, bersiaplah mendapatkan kebahagiaan.
  • Mari tahan diri dari komentar/pertanyaan/sikap yang tak penting yang bisa membuat hati orang lain tak enak /tersinggung/terpojok/terluka.
  • Kedengkian kita kepada seseorang tak akan bisa menahan/merubah apapun yang akan Allah berikan kepada hamba yang dikehendakiNya. Kedengkian hanya akan merusak dan menghancurkan ketenangan diri, menghanguskan pahala dan mengundang kemurkaan Allah.

0 comments:

Posting Komentar